HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

NAILUR ROJA' | Tanda Baligh

Tanda Baligh

jama' nya lafadz العلامة. dan arti العلامت yaitu sesuatu yang wajib adanya karena sesuatu tersebut, dan tidak wajib ada karena tidak adanya sesuatu tersebut.
seperti contoh keluarnya air mani ( احتلام ) adalah tanda baligh, maka adanya ihtilam adalah tanda adanya baligh. Dan tidak wajib ketika tidak adanya ihtilam, tidak adanya baligh, karena terkadang bisa ada tanda-tanda lain selain ihtilam. Seperti haidh dan sempurnanya umur 15 tahun. • baligh ialah sampainya seseorang pada batas mukallaf, artinya sesungguhnya beberapa tanda yang menunjukkan salah satu dari 3 tanda baligh nya manusia melebihi batas mukallaf, maksudnya dengan syarat berakal.

Tanda-tanda baligh ada 3, yaitu :
1. Sempurnanya umur 15 tahun bagi laki-laki dan perempuan, yaitu dengan perhitungan bulan Qomariyah yang telah di tetapkan.

2. Mimpi keluar mani bagi laki-laki dan perempuan karena umur 9 tahun( احتلام) الحلم di ambil dari lafadz الاحتلام dengan dibaca dhomah ح nya dan di baca sukun ل nya . Arti احتلام ialah sesuatu yang dilihat seseorang sewaktu tidur didalam mimpinya. Maksudnya sesuatu disini yaitu sesuatu yang khusus yaitu keluar mani.

3. Haidh bagi perempuan karena umur 9 tahun
Haidh menurut bahasa yaitu mengalir
Sedangkan menurut syara' yaitu darah bawaan yang keluar dari dalan rahim nya perempuan dengan keadaan sehat pada beberapa waktu tertentu.

#fiqih #fiqihkeseharian #fiqihaska #fiqihwanita #asshiddiqiyahkarawang #santriasshiddiqiyah

Tidak ada komentar: