HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

MAKNA SANTRI SEJATI


Jodi adalah seorang penda’i muda, yang baru-baru ini telah menikahi putri dari seorang Kyai besar di Jombang. Kala itu, Joni mendapat panggilan untuk berdakwah di Pondok Pesantren yang terletak di kota Bandung, yang kebetulan santrinya mahasiswa semua.
    Karena masih penganten baru, dan merasa bangga bisa menikahi anak Kyai hampir disetiap ceramahnya selalu terselip kata “Santri sejati itu yang berani menikahi anak Kyai.” Setelah ceramahnya selesai, ada seorang santri putra yang menghampirinya dan sambil bertanya.
Santri   : “Ustadz, aku mau jadi santri sejati kaya Ustadz..!”
Ustadz : “Gampang,.. nikahi aja anak Kyai.”
Santri   : “Caranya?” (dengan penuh rasa penasaran)
Ustadz : “PDKT dulu laah..!!”
     berjalan dengan semangat. Kemudian selang beberapa hari, santri itu kembali menemui Ustadz Jodi dan berkata bahwa dia sudah sukses melakukan PDKT. “Ustadz, doain saya ya… mudah-mudahan hubungan saya sama anak Kyai langgeng sampai nikah..” (ujarnya sambil tersenyum riang).
Ustadz : “Amin…. Coba saya mau lihat foto calon kamu, pasti cantik..”
Santri   : “Ini Ustadz..!!! (Jawab santri itu sambil memperlihatkan foto).
Ustadz : “Cantik banget ya!!”
Santri   : “Iya dong,.. gimana, saya udah jadi santri sejati belum??”
Ustadz : “SEJATI apanya…??!!..
             “Istri ane itu,.. ngapain ente embat…!!! (dengan nada sedikit marah)
Santri   : “Kan yang penting anak Kyai toh..Hebat kan???”
     Seketika itupun juga ustadz Jodi jatuh pingsan..!!!!
hahaha..!!!!

Penulis : Ghozaly
(Madrasah Aliyah Kelas X)



Tidak ada komentar: