HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

Hasad dan cirinya dalam kandungan ayat al-maidah ayat 64

Pengajian rutin malam kamis kitab Tafsir Jalalain oleh Abah KH. Hasan Nuri Hidayatullah surat Al-Maidah ayat 64 :
وَقَالَتِ الْيَهُودُ يَدُ اللَّهِ مَغْلُولَةٌ ۚ غُلَّتْ أَيْدِيهِمْ وَلُعِنُوا بِمَا قَالُوا ۘ بَلْ يَدَاهُ مَبْسُوطَتَانِ يُنفِقُ كَيْفَ يَشَاءُ ۚ وَلَيَزِيدَنَّ كَثِيرًا مِّنْهُم مَّا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ طُغْيَانًا وَكُفْرًا ۚ وَأَلْقَيْنَا بَيْنَهُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ إِلَىٰ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ۚ كُلَّمَا أَوْقَدُوا نَارًا لِّلْحَرْبِ أَطْفَأَهَا اللَّهُ ۚ وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ۚ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ (64)
Arti Yad dalam ilmu tafsir itu mempunyai 5 makna,yaitu :
1. الجوارح 
Artinya anggota yang biasa digunakan untuk berkatifitas.
2.النعمة
Artinya ni'mat 
3.القوة
Artinya kekuatan
4.الملك
Artinya kekuasaan
5. شدةالعناية
Artinya pertolongan yang kuat
Dari 5 makna diatas hanya الجوارح yang tidak digunakan untuk pemaknaan ayat ini. Karena,jika digunakan maka akan menyamakan Allah dengan makhluknya yaitu tangan yang biasa digunakan untuk beraktifitas sedangkan Allah SWT adalah Dzat yang berbeda dengan makhluknya.

Salah satu penyakit hati ialah hasad dan cirinya ialah selalu menyalahkan orang lain. Orang-orang kafir yahudi hatinya telah dipenuhi oleh berbagai macam penyakit termasuk hasad,ketika mereka belum merasa cukup untuk menyalahkan sesama manusia maka mereka langsung menyalahkan Sang Pencipta yaitu Allah SWT.

Dalam ayat ini,ada 3 hal yang membuat mereka orang-orang kafir yahudi mengatakan bahwa tangan Allah SWT terbelenggu. 
1. Hidupnya semakin miskin
   Ketika Rasulullah SAW diutus kemuka bumi,para pengikut orang-orang kafir yahudi menurun dan rizki merekapun menurun dan menjdikan mereka miskin.
2. Bodoh akhlaq dan ilmu
3. Cinta terhadap dunia
   Orang-orang yahudi menjadikan ukuran kemuliaan dan kesuksesan ialah dengan cara banyaknya harta dunia yang mereka miliki,maka ketika mereka miskin Allah SWT disalahkan dan berkata bahwa tangan Allah SWT terbelenggu.

Tidak ada komentar: