HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

Ajang Meningkatkan Keimanan di Kala Pandemi

Sudah hampir satu tahun bumi kita dilanda wabah virus corona yang membahayakan dan membuat banyak orang resah. Beberapa upaya telah dilakukan salah satunya dengan cara PSBB beberapa bulan yang lalu sebelum new normal ini berlangsung. Banyak orang mengeluh akan pandemi ini,terutama masalah ekonomi. Jika kita sejenak berfikir kembali bahwa dibalik semua hal pas ada hikmah yang dapat dipetik,seperti ketika masa pandemi sekarang ini.

   Diturunkannya virus ini oleh Allah bukan semata-mata Allah tak menyayangi hamba-Nya, melainkan mengajarkan kepada kita beberapa hal supaya kita bisa lebih dekat dengan-Nya.

   Beberapa hikmah yang bisa kita ambil dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatakan ke-Imanan kepada Allah ialah :

    1. Menjadikan diri lebih bersih dalam segala hal, seperti selalu dalam keadaan suci. Karena

النظافة من الايمان

"Kebersihan itu sebagian dari Iman".

    2. Lebih berusaha untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara beribadah lebih giat.

   3. Lebih peduli kepada sesama,diturunkannya wabah ini bukan berarti kita harus takut dengan kematian karena setiap manusia pasti akan mati sebagaimana firman Allah SWT :

لكل امة اجل.

Adanya beberapa protokol dari pemerintah seperti : wajib mengenakan masker,menjaga jarak dan juga sering cuci tangan disertai memakai handsanitizer bukan berarti kita harus takut mati karena wabah corona ini,melaikan menjadikan kita harus perduli dengan sesama dengan cara mengikuti beberapa protokol dari pemerintah tersebut supaya menjaga kehidupan bersama. Karena Allah SWT berfirman :

ومن احياء فكا نما احيا الناس جميعا.

Jika kita menjaga satu kehidupan itu sama seperti kita menghidupkan seluruh jiwa.

    Dan masih banyak lagi hikmah yang bisa kita ambil dari diturunkannya wabah corona ini. Semoga Allah SWT senantiasa menjaga kita dari segala bentuk bala,wabah dan tho'un. Aamin Yaa Robbal 'Aalamin.(SA)

Tidak ada komentar: