HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

Macam-macam hati | qolbun salim hatinya orang mukmin


Hati adalah salah satu anggota tubuh yang berbentuk gumpalan darah didalam tubuh manusia namun mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi baik dan buruknya perbuatan seseorang.
Macam-macam hati ada :


1. Qolbun Saliim (hati yang sehat)
Orang yang termasuk dalam kategori qolbun saliim ialah orang-orang mu'min. Hati mereka luluh ketika diberi nasihat,tersentuh dan semakin bertambah keimanannya ketika mendengat ayat-ayat Allah dan senang bermuhasabah ketika sendiri. Orang yang memiliki qolbun saliim inilah orang yang paling bahagia,karena kelak diakhirat dengan qolbun saliim seseorang bisa bertemu dengan Allah. Allah SWT berfirman :


يوم لاينفع مال ولابنون الا من اتى الله بقلب سليم


2. Qolbun Maridh (hati yang sakit)
Orang yang memiliki qolbun maridh ialah orang-orang munafiq. Didalam hatinya terdapat penyakit dan lemahnya keyakinan kepada Allah dan Rasul-Nya dan harus segera diobati sebelum bertambah parah dan menjadi hati yang sakit. Allah SWT berfirman :


فترالذين في قلوبهم مرض يسرعون فيهم يقولون نخشى ان تصيبناداءرة الخ


Contoh orang munafiq dalam ayat ini ialah Abdullah bin Ubay dan disebut sebagai pemimpinnya orang-orang munafiq. Karena, ketika perang Uhud dia melakukan propaganda dan mengajak mundur 300 pasukan dari barisan perang.


Ciri-ciri orang munafiq yang ada pada hadits Rasulullah SAW ialah : "Ketika berbicara berbohong,ketika berjanji mengingkari dan ketika diberi amanah ia berkhianat". Ciri lain dari orang munafiq ialah lebih mementingkan kepentingan pribadi dari pada orang banyak.

3. Qolbun Mayyit (hati yang mati)

Orang yang memiliki qolbun mayyit ialah orang-orang kafir dan sudah dicap oleh Allah SWT sebagai orang yang tidak selamat.
Para 'Ulama Salafus Sholih zaman dahulu mengajarkan untuk selalu menjaga hati agar selalu sehat,anata lain dengan cara : membaca al-qur'an dan merenungi ma'nanya,sering berpuasa,selalu berkumpul dengan orang-orang sholih dan istiqomah sholat malam.
Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan hati kita sebagai hati yang sehat dan dijauhkan dari segala penyakit hati. Aamiin...(SA)

Tidak ada komentar: