HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

Peran Santri dalam Perjuangan Mencegah Wabah Covid-19

pada peringatan hari santri kali ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab pada kali ini Allah sedang menguji kita dengan diturunkannya wabah covid-19. akan tetapi, dalam hal ini tidak menjadi penghambat para santri untuk tetap menjalankan kegiatan peringatan hari santri nasional dengan tidak lupa standar protokol kesehatan yang sudah di anjurkan oleh pemerintah, akan tetapi semua santri tetap semangat dalam mencari ilmu .

Dalam rutinitas sehari-hari yang berjalan seperti biasa. santri tidak lupa dalam di waktu yang mustajabah santri diharuskan mengikuti istighosah dan beberapa aurod dengan tujuan agar wabah ini segera berakhir.

Dan pada kegiatan Hari Santri Nasional tahun ini ada yang sangat berbeda, dala kegiatan ini upacara peringatan yang diadakan setiap tahun masih tetap dilaksanakan. akan tetapi hanya diikuti santri dan beberapa Asatidz yang ada dilingkungan pesantren saja, karena harus memenuhi standar protokol kesehatan sehingga warga luar pesantren tidak dianjurkan mengikuti kegiatan yang ada.

kenapa santri masih tetap melaksanakan kegiatan upacara ini karena hari santri ini adalah sebagai momentum untuk para santri saat ini, bahwa santri itu bisa melakukan kegiatan-kegiatan seperti pada umumnya yang dilakukan orang yang bukan santri. dan untuk menunjukan bahwa perjuangan santri itu ada dalam merebut kemerdekaan negara ini.

Selain perjuangan santri dalam merebut kemerdekaan, santri juga masih terus berjuang dalam masa pandemi saat ini, dengan melakukan ihktiar dalam mencegah wabah meluas dengan cara ikhtiar dhohir seperti cuci tangan setiap kegiatan dan ikhtiar bathin seperti doa bersama di setiap waktu yang mustajabah agar Allah SWT menghilangkan pandemi ini dari muka bumi ini khususnya Indonesia. [AB]



 

Tidak ada komentar: