HIKMAH

[Hikmah][bleft]

SANTRI

[Santri][bsummary]

BERITA

[Berita][twocolumns]

Lahirnya Manusia yang Paling Mulia

Maulid Nabi
Robi'ul awal adalah bulan yang sangat mulia, karena dibulan ini lahir seorang insan yang sangat mulia yaitu Nabi Muhammad SAW kemuka bumi. Ruh baginda Nabi Muhammad adalah ruh yang paling pertama Allah ciptakan bahkan sebelum ruhnya Nabi Adam AS,dan Allah menciptakan ruh beiau berbeda dengan manusia pada umumnya. Allah SWT menciptakan ruh baginda Nabi dari cahaya,sehingga meskipun Nabi Muhammad terlahir kedunia dalam keadaan yatim beliau tumbuh menjadi pribadi yang begitu dewasa,tegas dan tidak pernah mengandalkan segala urusannya kepada orang tuanya melainkan menyelesaikan dengan bermunajat kepada Allah SWT.
Disisi lain,kelahiran Nabi Muhammad SAW mempunyai hikmah yang sangat besar. Seperti kisah Abu Lahab seorang kafir quraisy  yang diberikan hadiah oleh Allah SWT berupa keringanan siksanya setiap hari senin karena bahagia mendengar berita kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Sungguh tidak bisa dibayangkan berapa banyak barkah dan rahmat Allah SWT yang turun jika kita sebagai ummat Nabi Muhammad berbahagia dengan menyambut hadirnya bulan yang penuh dwngan kemuliaan ini.
Dengan meneladani segala akhlak dan kepribadian Nabi Muhammad seperti yang diceritakan dalam al-qur'an bahwa Nabi Muhammad SAW sangat bahagia mempisisikan diri beliau sebagai seorang hamba. Seperti yang terdapat dalam surat al-isro ayat 1
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ 
Semoga kelak di akhirat kita semua diakui sebagai umat baginda Nabi Muhammad SAW.
Aamiin

~Pengajian rutin malam kamis dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW oleh abah KH Hasan Nuri Hidayatullah~

[SA] 

Tidak ada komentar: